This awesome blogger theme comes under a Creative Commons license. They are free of charge to use as a theme for your blog and you can make changes to the templates to suit your needs.
RSS

Uuh.. Sesak napas !


Uuh.. Sesak napas !

Mungkin nggak banyak orang yang menganggap bahwa polusi udara adalah sesuatu yang ‘mengancam jiwa’. Nyatanya, menurut data dari organisasi kesehatan dunia / WHO , setiap tahunnya sekitar 3 juta orang meninggal karena polusi udara atau sekitar 5% dari 55 juta orang yang meninggal setiap tahun di dunia .
Dan yang bikin tambah ngeri, 6 dari 15 kota yang paling terpolusi di dunia ada di Asia dan Jakarta berada di posisi nomor 3 setelah Meksiko dan Bangkok ! Wah, serem juga yah..


Sumber Polusi
Ada 2 sumber utama dari masalah pencemaran udara, yaitu sumber bergerak (gas buang kendaraan bermotor) dan tidak bergerak (kegiatan industri, rumah tangga dan rokok) .
Dari sumber tersebut, kendaraan bermotor memberikan ‘konstribusi’ (70%) terbesar dalam merusak kualitas udara.
Mungkin kita yang sering naik mobil tidak merasakan dampaknya secara langsung. Mereka yang berasal dari kalangan masyarakat menengah ke bawahlah, yang merasakan efeknya secara langsung. Contohnya : pejalan kaki, pedagang kaki lima, sampai tukang ojek yang mangkal di pinggir jalan.
Kelompok inilah yang paling rentan terkena dampak penyakit kronis, baik Infeksi Saluran Pernapasan Akut (ISPA), kanker kulit dan penurunan daya ingat. Malah bisa juga mengalami kematian kala kandungan CO2 dalam tubuhnya lebih dari 3% , seram banget !


Ciptakan Udara Sehat !
Ada banyak cara simple yang bisa kita lakukan biar udara yang kita hirup sedikit lebih sehat , yaitu :
• Tanam pohon di halaman rumah kita. Pepohonan dapat membantu menyerap polusi udara, membuat sejuk dan membantu bumi biar lebih sehat.
• Manfaatkan kaki kita, sepeda atau kendaraan umum seperti bis atau angkot untuk pergi ke sekolah.
• Stop smoking ! Merokok berarti memberikan konstribusi besar buat pencemaran udara .



Sumber Polusi Udara

Pencemar udara dibedakan menjadi dua yaitu, pencemar primer dan pencemar sekunder. Pencemar primer adalah substansi pencemar yang ditimbulkan langsung dari sumber pencemaran udara. [Karbon monoksida]adalah sebuah contoh dari pencemar udara primer karena ia merupakan hasil dari pembakaran. Pencemar sekunder adalah substansi pencemar yang terbentuk dari reaksi pencemar-pencemar primer di atmosfer. Pembentukan [ozon]dalam [smog fotokimia]adalah sebuah contoh dari pencemaran udara sekunder.

Belakangan ini pertumbuhan keprihatinan akan efek dari emisi polusi udara dalam konteks global dan hubungannya dengan [pemanasan global yg mempengaruhi;

Kegiatan manusia

* Transportasi
* Industri
* Pembangkit listrik
* Pembakaran (perapian, kompor, furnace,[insinerator]dengan berbagai jenis bahan bakar
* Gas buang pabrik yang menghasilkan gas berbahaya seperti (CFC)

Sumber alami

* Gunung berapi
* Rawa-rawa
* Kebakaran hutan
* [Nitrifikasi] dan [denitrifikasi] biologi .


Sumber-sumber lain

* Transportasi[amonia]
* Kebocoran tangki][klor]
* Timbulan gas [metana]dari [lahan uruk]/[tempat pembuangan akhir] [sampah]
* Uap pelarut organik

Dampak kesehatan

Substansi pencemar yang terdapat di udara dapat masuk ke dalam tubuh melalui sistem pernapasan. Jauhnya penetrasi zat pencemar ke dalam tubuh bergantung kepada jenis pencemar. Partikulat berukuran besar dapat tertahan di saluran pernapasan bagian atas, sedangkan partikulat berukuran kecil dan gas dapat mencapai paru-paru. Dari paru-paru, zat pencemar diserap oleh sistem peredaran darah dan menyebar ke seluruh tubuh.

Dampak kesehatan yang paling umum dijumpai adalah ISPA (infeksi saluran pernapasan akut), termasuk di antaranya, asma, bronkitis, dan gangguan pernapasan lainnya. Beberapa zat pencemar dikategorikan sebagai toksik dan karsinogenik.

0 komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger
Diberdayakan oleh Blogger.