This awesome blogger theme comes under a Creative Commons license. They are free of charge to use as a theme for your blog and you can make changes to the templates to suit your needs.
RSS

Akibat Global Warming di berbagai negara


Global warming tidak hanya mempengaruhi negara tertentu saja , tapi juga di seluruh DUNIA !

Di bawah ini adalah beberapa gambaran dari berbagai kejadian di dunia yang sudah dan sedang terjadi, akibat GLOBAL WARMING.

Amerika Utara :

· Gulf Coast di Amerika mengalami banyak kerusakan dan korban jiwa akibat di terjang banyak bencana badai . Salah satunya adalah Badai Katrina terkenal itu .

· Kebakaran hutan di Kanada telah menghanguskan 7,5 juta are. Itu sama luasnya dengan wilayah negara bagian Maryland !

Amerika Tengah / Selatan :

· Dulu , nyamuk Aedes aegypti nggak sampai ke daerah Pegunungan Andes yang tinggi . Tapi kini, mereka sudah menginvasi daerah tersebut akibat menghangatnya suhu . Hal ini sama juga terjadi di Meksiko.

· Di nikaragua 15 ribu kasus kebakaran dalam setahun, akibat naiknya panas dalam ! Salah satu tempat penting yang terbakar adalah cagar alamBosawas Biosphere Reserve.

· Curah hujan yang sangat besar (5 kali lebih lebatdari biasanya) mengguyur Venezuela di tahun 1999 . Akibatnya terjadi banjir besar yang menewaskan kurang kebih 30 ribu orang.

· Tahun 2005 , ratusan ikan di Perairan Amazon mati karena sungai tersebut kering !

· Badai hurricane yang terjadi di Karibia disebut – sebut sebagai “one of the most active and destructive in history”.

Eropa :

· Negara –negara di Eropa mengalami gelombang panas, sehingga lebih dari 15 ribu orang di Perancis meninggal karena kepanasan . Totalnya, ada sekitar 35 ribu warga Eropa yang tewas akibat panas ini.

· Sementara itu, 11 negara Eropa kebanjiran dan 80 orang tewas akibat udara dingin.

· Spanyol, Italia, dan Yunani kehilangan lebih dari 150 ribu hektar hutan mereka karena terjadinya kebakaran hutan yang berkepanjangan.

Asia :

· Terjadinya badai El Nino ternyata mnningkatkan jumlah kuman penyebab penyakit kolera di Bangladesh.

Dan naiknya permukaan air laut menyebabkan Bangladesh lumpuh total dan 2 buah pulaunya menghilang karena terendam air laut.

· Sementara negara tetangganya kebanjiran, India justru mengalami serangan gelombang panas yang menewaskan 1700 jiwa.

· Negara Korea mengalami hujan deras yang menyebabkan banjir selama 2 bulan.

· Lahan tanah di Iran 90% kini sudah kering kerontang.

· Lebih dari 4000 danau di propinsi Qing Hai, Cina mengalami kekeringan.

· Lebih dari 2 juta hektar hutan Indonesia terbakar karena panas dan mengancam habitat orang hutandi Kalimantan.

· Salju yang dulu menyelimuti satu-satunya tempat bersalju di Indonesia yaitu, Gunung Jayawijaya di Papua kini telah menghilang !

· Lebih dari 80% pulau-pulau di Maladewa, kini berada kurang dari 1 meter di atas permukaan air laut !

Oceania :

· Koral – koral penghuni Great Barrier Reef mengalami kerusakan drastis akibat arus laut yang nggak seimbang. Bahkan ada koral berumur 800 tahun yang mati ! Hal ini ternyata nggak Cuma terjadi di perairan Australia aja lho. Soalnya 27% jumlah koral di bumi sudah hancur. Di Samudera Hindia , 70% populasi koral musnah sudah.

Afrika :

· Lapisan es di Pegunungan Kenya telah meleleh sebanyak 92% dan ratusan penduduk Kenya meninggal akibat serangan malaria di musim panas tahun 1997. Padahal sebelumnya Kenya bebasnyamuk malaria, lho ! Naiknya temperatur yang menyebabkan nyamuk – nyamuk ini ber-migrasi.

· Lebih dari 25 juta penduduk Afrika meninggal atau kelaparan akibat kekeringan yang berkepanjangan.

Antartika :

· Ketebalan es yang melapisi 9 danau di Signey island berkurang hingga 45% . Suhu air di Antartika pun semakin menghangat.

Hal ini menyebabkan 33% populasi penguin berkurang karena kehabisan makanan.

· Kualitas daging ikan salmon di Alaska nggak lagi segar, gara – gara air hangat tempat mereka hidup kini jadi sarang parasit.

· Di desa Shishmaref, sebuah desa Eskimo di Alaska, terancam punah karena ini sebentar lagi jeblos ke dalam Laut Bering akibat lapisan es yang menjadi dasarnya kian menipis.

0 komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger
Diberdayakan oleh Blogger.